GENGGAM DAN GIGITLAH SUNNAH NABI ๏ทบ !

by Salaf Ittiba
GENGGAM DAN GIGITLAH SUNNAH NABI ๏ทบ !

๐Ÿ“Œ GENGGAM DAN GIGITLAH SUNNAH NABI ๏ทบ !

Sungguh ini telah dikabarkan oleh Rasulullah, bahwa sepeninggal beliau akan banyak muncul berbagai kebidโ€™ahan. Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุฃููˆุตููŠูƒูู…ู’ ุจูุชูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู…ู’ุนู ูˆูŽุงู„ุทูŽู‘ุงุนูŽุฉู ูˆูŽุฅูู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู‹ุง ุญูŽุจูŽุดููŠู‹ู‘ุง ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนูุดู’ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุจูŽุนู’ุฏูู‰ ููŽุณูŽูŠูŽุฑูŽู‰ ุงุฎู’ุชูู„ุงูŽูู‹ุง ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุง ููŽุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุจูุณูู†ูŽู‘ุชูู‰ ูˆูŽุณูู†ูŽู‘ุฉู ุงู„ู’ุฎูู„ูŽููŽุงุกู ุงู„ู’ู…ูŽู‡ู’ุฏููŠูู‘ูŠู†ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุงุดูุฏููŠู†ูŽ ุชูŽู…ูŽุณูŽู‘ูƒููˆุง ุจูู‡ูŽุง ูˆูŽุนูŽุถูู‘ูˆุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุจูุงู„ู†ูŽู‘ูˆูŽุงุฌูุฐู ูˆูŽุฅููŠูŽู‘ุงูƒูู…ู’ ูˆูŽู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุงุชู ุงู„ุฃูู…ููˆุฑู ููŽุฅูู†ูŽู‘ ูƒูู„ูŽู‘ ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุฉู ุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒ ูˆูŽูƒูู„ูŽู‘ ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ุถูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉูŒ

โ€œAku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, tetap mendengar dan taโ€™at kepada pemimpin walaupun yang memimpin kalian adalah seorang budak dari Habasyah (Ethiopia). Karena barangsiapa di antara kalian yang hidup sepeninggalku nanti, dia akan melihat perselisihan yang banyak. Maka wajib bagi kalian untuk berpegang pada sunnah-ku dan sunnah Khulafaโ€™ur Rasyidin yang mereka itu telah diberi petunjuk. Berpegang teguhlah dengannya dan gigitlah ia dengan gigi geraham kalian. Jauhilah dengan perkara (agama) yang diada-adakan karena setiap perkara (agama) yang diada-adakan adalah bidโ€™ah dan setiap bidโ€™ah adalah kesesatan.โ€ (HR. At Tirmidzi no. 2676. ia berkata: โ€œhadits ini hasan shahihโ€)

Siapa saja yang mau merenungi Hadits ini, akan dapat menyimpulkan dengan mudah bahwa: Akan terjadi perselisihan yang banyak sepeninggal Rasulullah ๏ทบ. Cara menghindari perpecahan adalah dengan mengikuti sunnah dan menjauhkan diri dari bidโ€™ah (perkara baru dalam agama). Sebab perpecahan adalah tidak bertakwa pada Allah ๏ทป, tidak taat pada penguasa (pada hal yang maโ€™ruf) dan mengerjakan bidโ€™ah.

Rasulullah ๏ทบ bersabda: โ€œAku tinggalkan di tengah-tengah kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat setelah (kalian berpegang teguh pada) keduanya, Kitabullah dan Sunnahku.โ€ (HR. At-Thabrani)

Semoga Allah senantiasa memberikan taufiq dan hidayah-Nya serta mengokohkan kita di atas Manhaj dan Aqidah ash-Shahihah, aamiin.
โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
๐Ÿ“บ Twitter : salafittiba
๐Ÿ–ฅ Youtube : salaf ittiba
๐ŸŒ Web : salafittiba.com
๐Ÿ’ป Facebook : Salaf Ittiba
๐Ÿ“ฑ Instagram : @salaf.ittiba
๐ŸŒ Telegram : t.me/salafittiba

Related Posts

Leave a Comment

Yuk Berjuang Bersama Kami